Dalam Rangka Launching Perdana Study Club Dinamika Publik Prodi Administrasi Negara Gelar Essay Competitian dan Webinar Nasional

 

Study Club Dinamika Publik Program Studi Administrasi Negara dalam rangka Launching perdananya menggelar 2 event sekaligus, selain kegiatan Webinar Online yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Desember 2021 dengan mengusung tema “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dalam Penulisan Karya Ilmiah” juga mengadakan kegiatan Essay Competition pada tanggal 16-19 Desember 2021. Webinar Online ini merupakan puncak dari serangkaian acara yang telah dilaksanakan sebelumnya dan berjalan dengan sukses. Kegiatan ini merupakan pondasi awal bagi Study Club Dinamika Publik untuk senantiasa bergerak dalam bidang kepenulisan ilmiah serta membahas dan mengkaji dinamika apa saja yang sedang terjadi di publik, serangkaian kegiatan ini juga merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Study Club Dinamika Publik Administrasi Negara kepada masyarakat umum khususnya Mahasiswa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Kepala Jurusan Program Studi Administrasi Negara, Dosen Fekonsos, Ketua Study Club Dinamika Publik, Narasumber, Peserta dan seluruh panitia yang terlibat di dalam proses pelaksanaan Webinar ini. Webinar Online ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang kemudian dilanjutkan dengan peresmian atas berdirinya Study Club Dinamika Publik Prodi Administrasi Negara dengan harapan Study Club Dinamika Publik ini dapat menjadi pemicu semangat bagi Mahasiswa, Dosen dan jurusan lain dilingkungan FEIS UIN Suska Riau agar dapat melakukan gerakan yang berkaitan dengan kepenulisan ilmiah.

Webinar ini dilakukan dengan menghadirkan dua pemateri sekaligus, Narasumber pertama berasal dari Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yakni, Pandhu Yuanjaya, S.Ip, MPA dan Narasumber kedua berasal dari Mahasiswa berprestasi UNPAD yakni, Muhammad Naufal Ali Husni yang dibagi menjadi dua sesi serta di Moderatori oleh salah satu Dosen FEIS UIN Suska Riau yakni, Devi Deswimar, S.Sos., M.Si. Pada sesi pertama Narasumber Pandhu Yuanjaya memaparkan materi mengenai “Ide Menulis dalam Riset Administrasi Publik” beliau menjelaskan banyak hal mulai dari motivasi untuk menulis hingga langkah-langkah dalam menulis ilmiah, kemudian pada sesi kedua dilanjutkan oleh Narasumber kedua Muhammad Naufal memaparkan materi mengenai “Membangun Motivasi  Menulis dan Membuat Karya Tulis” penjelasan beliau ditutup dengan sebuah ungkapan dari salah satu penulis terkenal Helvy Tiana Rosa “Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja mempeerpanjang umurnya lagi”.

Kegiatan Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 300 mahasiswa yang turut berpartisipasi hingga akhir acara, para peserta sangat aktif dalam bertanya dan menyimak dari apa yang disampaikan oleh para Narasumber. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Plakat secara simbolis kepada para Narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Essay Competition yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Penulis : Wahyu Kurniawan

About admin