Home / Berita Utama / Dukung Peningkatan Ranking Webometric UIN Suska Riau, Fekonsos Selenggarakan Bimtek IT dan Publikasi

Dukung Peningkatan Ranking Webometric UIN Suska Riau, Fekonsos Selenggarakan Bimtek IT dan Publikasi

 

Kesuksesan mengelola media salah satu kunci keberhasilan organisasi dalam publikasi

Gebrakan sebuah program adalah eksekusi nyata. Dalam Meningkatkan mutu dan pengembangan sistem IT dan Publikasi, Fekonsos UIN Suska Riau menaja bimbingan teknis ( Bimtek ) Tim informasi teknologi (IT) dan publikasi. Bimtek ini diperuntukkan bagi tim IT dan publikasi yang baru saja dibentuk oleh pimpinan Fekonsos UIN Suska Riau.
Sebagai langkah awal dalam mengawal IT dan Publikasi diselenggarakan Bimtek dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya.

“Bimtek yang diadakan tidak semata-mata membahas mengenai bahasa jurnalistik, akan tetapi juga teknis dalam mengelola website Fekonsos, “ ujar ketua panitia bimtek Fekonsos UIN Suska Riau Dr. Julina, SE. M.Si saat pelaksaan Bimtek secara Virtual, Kamis, 19 Agustus 2021. Lebih lanjut beliau mengatakan bimtek ini penting ditaja karena salah satu keberhasilan suatu institusi pendidikan saat ini juga diukur melalui peringkat webometricnya.

Berdasarkan data dari Webometric tahun 2021, UIN Suska Riau menempati posisi ke 10 PTKN terbaik se Indonesia. Hal senada juga diungkapkan oleh narasumber dalam bimtek ini Dr. Hj. Okfalisa, ST. M.Sc. “Pengelolaan website universitas penting dilakukan setidaknya untuk tiga hal: branding universitas – world class university, meningkatkan ranking webometric universitas, dan akreditasi universitas. Selain pelaksanaan bimtek yang ditaja oleh Fekonsos ini, PTIPD UIN Suska Riau juga telah merencanakan kegiatan serupa dengan peserta berasal dari seluruh fakultas di lingkungan UIN Suska Riau, ” ujarnya saat mengisi materi.

Penanggung jawab acara yang juga Dekan Fekonsos UIN Suska Riau Dr. Hj Mahyarni, SE, MM menuturkan bahwa “Tim ini beranggotakan 36 orang dengan komposisi perpaduan antara dosen dan pegawai yang bersinergi, bekerjasama dan bahu membahu untuk mendukung Fekonsos dan UIN Suska Riau semakin terbilang dan gemilang.
Bimtek IT dan Publikasi Fekonsos juga mengundang narasumber dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. Muhammad Badri, S . M.Si. Jurnalis yang telah malang melintang didunia tulis menulis sejak 2000 hingga 2010 ini mengupas teknik penulisan berita untuk media internal organisasi. Pembahasan yang menarik ini mengundang antusiasme peserta bimtek untuk menggali lebih dalam seluk beluk penulisan berita. Turut menjadi narasumber pada bimtek IT dan Publikasi ini tim dari PTPID UIN Suska Riau yaitu Agung Kurniawan, ST dan Radinal Dwi Novendra, S.Kom yang mengupas teknis operasional dan teknis pengelolaan dari website Fekonsos.

Era digital yang sangat ekstrim dan ektra ordinary ini memang membutuhkan tim media yang bersinergi, cekatan dan daya jelajah yang tinggi. Bimtek IT dan Publikasi diharapkan menjadi tonggak awal untuk menjadi pemacu tim IT dan Publikasi dari Fekonsos mencapai tujuannya.

 

Penulis : Aprinaldi dan Ermansyahd

Editor : Julina

About admin