Guest Lecturer Upaya Mengembangkan Program Study

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Kuliah Dosen Tamu (Guest Lecturer) yang ditaja oleh Laboratorium Policy and Governance Reform (PGR) Program Studi (Prodi) Administrasi Negara Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau pada Hari Senen tanggal 20 Mei 2024 di Gedung Teatre FEIS UIN Suska Riau, bersempena dengan MILAD Prodi Administrasi Negara yang ke 24 Tahun.
Adapun Dosen tamu yang datang dan memberikan kuliah adalah Prof. Dr. H. Izomiddin, MA dengan Tema “Konsep Politik Dalam Islam. Sebelum Kuliah Dosen Tamu dilaksanakan, acara diawali dengan penyampaian Kata Sambutan oleh Dekan FEIS UIN Suska Riau Ibu Dr. Hj. Mahyarni, SE, MM.
Kuliah Dosen Tamu ini dimoderatori oleh Ketua Laboratorium Policy and Governance Reform Candra Jon Asmara, S.Sos, M.Si. Dalam paparannya, Prof. Dr. H. Izomiddin, MA beliau mengungkapkan akan pentingnya umat Islam ikut serta atau berpartisipasi dalam kegiatan politik. Lebih lanjut beliau mengatakan, keberhasilan politik bagi pemimpin Islam yang diawali Nabi Muhammad SAW dalam mewujudkan Piagam Madinah dan kesuksesan Sahabat Rasullulah yang dimulai dari Abu Bakar Siddiq, Umar Ibnu Khatab, Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib. Selanjutnya pemateri juga meminta kepada mahasiswa, khusunya mahasiswa Adminitrasi Negara agar melek politik, karena dengan politik kita bisa membuat berbagai regulasi dan kebijakan yang berbasiskan nilai-nilai Islam, sehingga kekuasaan akan memberikan hasil yang sesuai dengan ajaran Agama Islam tanpa menimbulkan konflik antar umat beragama. Dalam kuliah tersebut juga dilaksankan tanya jawab dari mahasiswa yang intinya mahasiswa berharap agar tidak terjadi politik uang alias serangan fajar dan juga kekuasaan yang ada dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan landasan Islam.

About meirwin win