KOLABORASI INTERNASIONAL DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pekanbaru, 02 Oktober 2024, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, bersinergi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan kolaborasi internasional ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 1 oktober 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan yang berfokus pada pengembangan sosial ekonomi dan pemberdayaan komunitas lokal. Kegiatan yang diadakan di Kantor Camat Tuah Madani Pekanbaru , Riau, menjadi bukti nyata dari komitmen ketiga institusi dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Melalui program-program yang dikembangkan bersama, diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi berbagai tantangan sosial dan ekonomi di masyarakat, khususnya dalam konteks ekonomi Islam yang berkelanjutan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial  dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Dr. Hj. Mahyarni , SE, MM mengungkapkan, “Kolaborasi ini menjadi langkah penting dalam menjalin kerja sama yang erat antarnegara, serta menjadi kesempatan berharga untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat menciptakan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat sekitar.”Sementara itu, perwakilan dari Universitas Sains Islam Malaysia, Dr. Muhamad Najib bin Abdullah menekankan pentingnya kolaborasi lintas negara dalam pengembangan program-program pengabdian yang berkelanjutan. “Kerja sama ini tidak hanya memperkuat hubungan akademik antar universitas, tetapi juga memungkinkan kami untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam praktik nyata untuk memberdayakan masyarakat berbasis Halal. Narasumber dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang hadir pada saat kegiatan yaitu Bapak Khairul Marlin, SE, S.Kom, MM  juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan masyarakat dalam menghadapi tantangan ekonomi. “Kami berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui transformasi digital,” ujarnya.

Kolaborasi internasional ini meliputi serangkaian kegiatan,pemberdayaan ekonomi syariah berbasis Halal, terutama Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak 26 orang serta kalangan akademisi dari ketiga institusi. Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam memanfaatkan sumber daya yang ada, serta meningkatkan taraf hidup mereka melalui penerapan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang adil dan seimbang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Tuah Madani Dr. Nurhasminsyah, S.STP., M.Si serta Lurah Tuah Madani Edi Wardila, S.Pd., M.Pd.

About meirwin win