Home / Berita Utama / UIN SUSKA RIAU mengadakan pelatihan ISO 9001 Tahun 2015 dan manajemen resiko

UIN SUSKA RIAU mengadakan pelatihan ISO 9001 Tahun 2015 dan manajemen resiko

IMG_5873Pada hari senin 24 September 2018 UIN Suska Riau telah mengadakan Pelatihan ISO 9001 tahun 2015 dan manajemen resiko sebagai standar internasional sebagai satu langkah maju dalam memajukan sebuah universitas. Pelatihan ini dihadiri oleh Para pimpinan tertinggi, maupun terendah diberikan pelatihan ISO 9001 tahun 2015 dan menajemen resiko. Hal ini penting untuk bekerja sesuai dengan standar dan manajemen resiko yang baik.

Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.

Sedangkan ISO 9001 berkaitan erat dengan dasar dasar dari sistem manajemen mutu. ISO 9001 adalah keluarga dari sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya.

ISO 9001: 2015 adalah standard  dokumen (Standard Persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya , Ada beberapa dokumen standard  yang berbeda dalam family ISO 9000 , tapi hanya  ISO 9001-2015 yang bisa disertifikasi. ISO 9001: 2015 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) ini,  dan “2015” adalah  tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu itu.

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terasa lebih ringan di jalankan oleh organisasi atau perusahaan. ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ISO 9001:2015 diantaranya adalah:

  1. Tidak ada Prosedur Wajib dalam klausal atau standard ISO 9001:2015, Sehingga organisasi dapat menyatukan prosedur atau memasukan prosedur ke dalam manual mutu, sehingga nantinya dokumen akan lebih ringkas dan praktis.
  2. Menyatukan Dokumentasi dan Record dalam satu istilah yaitu Informasi Terdokumentasi hal ini tentu saja akan memudahakan terhadap pengendalian informasi terdokumentasi.
  3. Menonjolkan Leadership dalam implementasi ISO 9001:2015, Leadership menjadi salah satu pasal yang berdiri sendiri dalam Standard ISO 9001:2015. Para  Leader dalam organisasi dituntut untuk lebih bisa membangun dan mengimplementasikan SMM yang dibuat oleh organisasi. dengan memberikan contoh nyata, dan terlibat langsung dalam upaya implementasi SMM yang efektif dan efisien.
  4. dan masih banyak keunggulan lain dari Seri ISO 9001:2015.

Pada kesempatan pelatihan ini, Rektor kembali mengajak peserta pelatihan untuk bersama-sama sepakat dengan slogan UIN Suska Riau, yakni kompak, damai, selamat dunia akherat. Karena pada hakekatnya ISO 9001 dan manajemen resiko merupakan jalan untuk selamat dunia akherat (yang merupakan salah satu slogan UIN Suska Riau).

Rektor dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam manajemen Perguruan tinggi, standarisasi dan manajemen resiko sangat dibutuhkan. ISO merupakan salah satu icon keunggulan universitas. Sertifikasi ISO dapat memberikan tambahan semangat bagi warga kampus. ISO merupakan salah satu jalan menuju akreditasi universitas  unggul (A).  Akreditasi itu merupakan jantung perguruan tinggi.

Hasil pelatihan ini, diharapkan dapat membantu UIN Suska Riau melakukan efisiensi, sehingga dapat dengan terukur mewujudkan “good and clean university” langkah-langkah yang diperlukan menerapkan standar yang baku yang berlaku secara internasional.

Jalan menuju  “good and clean university”  masih panjang, tetapi jika tidak dimulai, maka cita-cita itu hanya hayalan belaka. Semoga penerapan ISO   9001:2015 dan manajemen resiko, akan membantu pihak yang berwenang dalam mewujudkan cita-cita Universitas.

About admin