Home / Berita Utama / WEBINAR NASIONAL PENINGKATAN EKONOMI KREATIF DAN WISATA HALAL PADA MASA PANDEMI COVID – 19 BERSEMPENA PELANTIKAN PENGURUS ISEI KOM. UIN SUSKA RIAU RESMI DIBUKA OLEH REKTOR UIN SUSKA RIAU

WEBINAR NASIONAL PENINGKATAN EKONOMI KREATIF DAN WISATA HALAL PADA MASA PANDEMI COVID – 19 BERSEMPENA PELANTIKAN PENGURUS ISEI KOM. UIN SUSKA RIAU RESMI DIBUKA OLEH REKTOR UIN SUSKA RIAU

Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Dr. Helmiati, M.Ag membuka secara resmi Webinar Nasional Peningkatan Ekonomi Kreatif  dan Wisata Halal pada Masa Pandemi Covid-19 bersempena dengan Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Komisariat UIN Suska Riau Periode 2021-2024, Rabu (4/8/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau dengan menerapkan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 secara ketat dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Ketua ISEI Cabang Pekanbaru Koordinator Riau, Prof. Dr. Zulkarnain, SE, MM., Wakil Ketua ISEI Cabang Pekanbaru Koordinator Riau, Syamsul Bahri, para pengurus ISEI Kom. UIN Suska Riau Periode 2021-2024 dan panitia acara. Sedangkan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live Youtube kegiatan ini diikuti oleh hampir 2000 peserta.

Dr. Helmiati, M.Ag dalam sambutannya memaparkan bahwa Pandemi covid 19 telah memberikan dampak yang sangat serius bagi berbagai aspek kehidupan di berbagai negara termasuk Indonesia. Tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga berdampak buruk pada perekonomian khususnya sektor industri, perdagangan dan pariwisata.

“Saat ini banyak sekali perusahaan, industri, pabrik dan toko-toko termasuk UMKM yang terdampak dan beberapa bahkan terpaksa ditutup, ini tentu menyebabkan kerugian perekonomian negara kita. Pandemi ini juga berdampak buruk terhadap pariwisata dimana kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara disinyalir mengalami penurunan yang tajam. Sektor-sektor pendukung pariwisata seperti hotel, restoran juga ikut terganggu sehingga berdampak kepada operasional perusahaan dan tidak jarang perusahaan mem-PHK karyawan dan konsekuensi lebih lanjut tentunya angka pengangguran menjadi tinggi”. Ujar Helmiati.

Namun demikian, Dr. Helmiati mengajak untuk tidak menyerah begitu saja terhadap kondisi ini. “Sebagai makhluk tuhan yang diberi kemampuan berpikir dan berbuat kita perlu melakukan upaya kreatif, kita sesungguhnya memiliki potensi ekonomi yang luar biasa  di Riau, disinilah pentingya upaya yang serius dengan memanfaatkan teknologi kekinian. Masyarakat kita mampu bekerja tapi tidak mampu memasarkannya, kita dari pihak akademisi perlu membantu upaya tersebut, maka disinilah letak urgensi Webinar pada hari ini”. Tegas Helmiati.

Lebih lanjut Dr. Helmiati mengucapkan selamat kepada pengurus ISEI Komisariat UIN Suska Riau yang baru saja dilantik. “Semoga pengurus yang baru dilantik ini dapat membawa ISEI lebih maju mewujudkan cita-cita yang telah ditetapkan dan juga dapat bersama-sama dengan sarjana ekonomi UIN Suska lainnya bahu membahu memberikan kontribusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat”. Ujar Helmiati.

Terakhir Beliau berharap dari webinar ini nantinya dapat membangkitkan kembali kesadaran kita betapa perlunya meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak oleh Covid-19 dan juga akan memberikan masukan-masukan yang konstruktif  terutama bagi formulasi kebijakan pada level pemerintahan dan bagi para stakeholder.

Sementara itu, Darnilawati, SE., M.Si selaku Ketua ISEI Kom. UIN Suska Riau dalam sambutannya memaparkan kegiatan webinar nasional ini akan diisi oleh beberapa narasumber handal yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, B.A., M.B.A, Anggota DPR RI Komisi XI sekaligus Founder Kahmi Preneur, Ir. H. Kamrussamad, ST., M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, S.STP., M.Si dan Assc. Prof.  Dr. Hj. Okfalisa, ST., M.Sc., Dosen UIN Suska Riau.

 

Sumber : www.uin-suska.ac.id

About admin