Wujudkan kampus merdeka belajar Fekonsos UIN Suska Riau gandeng UIN Imam Bonjol dan Fekon Unilak

Upayakan besar dalam peningkatan kualitas dan mutu Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Rau Tandatangani MoU dan MoA dengan Universitas Islam Negeri Iman Bonjol Padang dan Fakultas Ekonomi Universitas Langcang Kuning Pekanbaru

Kerjasama antar universitas saat ini menjadi program yang angat penting dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dan bersaing di dunia kerja.

Mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar tidak hanya pada kampus dimana mereka terdaftar, akan tetapi juga di kampus lain yang telah memiliki kerjasama sehingga saling mendukung dan melengkapiq. Untuk turut mendukung Program MBKM tersebut UIN Suska Riau dan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan UIN Imam Bonjol Padang dan Universitas Lancang Kuning Riau. Penandatanganan ini dilaksanakan dalam kurun waktu yang tidak berjauhan. Hal ini menunjukkan keseriusan semua pihak yang terlibat untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada mahasiswa.

Dalam kesempatan penandatanganan MoA dengan UIN Imam Bonjol Padang (9/9/2021) Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBIS) H. Ahmad Wira, M.Ag, M.Si, Ph.D membagikan pengalaman UIN Imam Bonjol mendirikan FEBIS ini. Beliau mengatakan kemaslahatan bagi mahasiswa menjadi prioritas dimana salah satunya adalah mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi yang memang berasal dari Fakultas Ekonomi. Sebagaimana dimaklumi bahwa Program Studi Ekonomi Islam pada awal pendiriannya berada dibawah naungan Fakultas Syariah. Dekan yang juga ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) ini mengatakan kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya diawal tahun 2019 yang lalu. Ke depan, kedua fakultas akan berkolaborasi dalam berbagai bentuk seperti pertukaran dosen, penulisan artikel bersama, pengabdian masyarakat dan sebaganya.

Sementara itu, MoA selanjutnya dilakukan antara Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau dan Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (15/08/2021). Pertemuan yang berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, II, dan III, para dosen dan staf. Dalam pertemuan tersebut dibahas secara lebih spesifik mengenai bentuk MBKM yang akan dilakukan antar fakultas ini. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning – Dr. Arizal N., SE. MM – dalam kata sambutannya menyatakan saat ini MBKM yang sudah mereka lakukan adalah memberi kesempatan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning mengambil mata kuliah di UiTM dan Perbanas.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning mengambil Mata Kuliah Akuntansi Digital ke Perbanas dan mahasiswa Perbanas mengambil Kuliah Akuntansi Perkebunan ke Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning. Kerjasama dengan FEIS ini juga nantinya akan terkait dengan pelaksanaan program MBKM tersebut. Selanjutnya Dekan FEIS UIN Suska Riau – Dr. Hj. Mahyarni, SE. MM – menyatakan perguruan tinggi perlu menyikapi dengan baik berbagai isu strategis yg muncul terutama di bidang pendidikan agar Perguruan Tinggi ( PT ) tetap eksis dan menjadi pemenang dlm menghadapi persaingan.

FEIS pada masa yang akan datang akan ikut aktif mendukung Program MBKM dalam makna yang lebih luas baik untuk kemajuan mahasiswa maupun dosen. Disamping itu FEIS juga menjalin kerjasama dengan UiTM dalam mengembangkan riset dosen. FEIS juga akan mengembangkan fasilitas Labor sebagai sarana untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dan dioptimalkan pemanfaatannya untuk mendukung kebutuhan sivitas akademika.

Persaingan diera globalisasi berbasis digital ini yang akan datang akan semakin ketat, oleh karena itu meningkatkan daya saing mahasiswa adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Melalui berbagai kerjasama ini, diharapkan semua pihak dapat mencapai tujuan masing-masing daan bersinergi menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja.

Penulis : Aprinaldi, Ermansyah dan Saipul Alsukri

About admin