FEIS UIN Suska Riau Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Jawa Barat

 

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska melakukan penjajakan dan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. Pada tangal 11-12 November 2021 Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau Dr. Hj. Mahyarni, SE, MM, didampingi oleh Wakil Dekan 2 Dr Mahmuzar, M.Hum, Wakil Dekan 3 Dr Hj. Julina dan Ketua Program Studi D3 Akuntansi Dr. Hariza Hasyim, SE, MSi melakukan penjajakan dan kerjasama dengan empat  perguruan tinggi di Bandung Jawa Barat, yaitu Telkom University, Politeknik Bandung, UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Padjajaran.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska, Dr. Hj. Mahyarni, menyampaikan bahwa untuk menjadi perguruan tinggi yang kuat dan berkualitas, dibutuhkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, baik di dalam maupun di luar negri. Oleh karena itu Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, menggesa kerjasama dengan beberapa fakultas dibeberapa perguruan tinggi negri dan swasta.  Kerjasama secara garis besar berkaitan dengan Tridharma perguruan tinggi, meliputi pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.  Diharapkan dengan adanya penjajakan kerjasama nantinya berlanjut kepada perjanjian kerjasama dengan adanya Memorandum of Understanding (MOU) antara UIN Suska kemudian dilanjutkan dengan Memorandum of Agreement (MOA) atau perjanjian kerjasama antar Program Studi untuk kerjasama yang lebih spesifik dan detiil  sesuai dengan kebutuhan di tingkat program studi di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.

Kegiatan penjajakan kerjasama dengan Telkom University  yang bertempat di kampus  2 Telkom University di jalan  Telekomunikasi No 1 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Jawa Barat, (11/11) mendapatkan sambutan yang hangat dari FEBI Telkom university.  Dekan FEBI Telkom University Dr. Ratri Wahyuningtyas didampingi oleh Dr Farida Titik Kristanti (Wakil Dekan 2)  dan beberapa ketua Prodi dan beberapa  pimpinan di FEBI  Telkom University dan Ketua keahlian  (KK) menyampaikan  bahwa Jalinan kerjasama bisa  langsung  diarahkan  kepada implementasi dari program, artinya MOU dan MOA  bisa dilakukan secara paralel. Apabila kegiatan kerjasama sudah pasti dilakukan, akan segera dilakukan pembuatan Memorandum of Agreement (MOA). Memorandum of Understanding (MOU) tidak diikuti dengan implementasi dari program kerjasama akan menjadi beban dari fakultas.  Berangkat dari pengalaman sebelumnya Dr Ratri wahyuningtyas, menyarankan agar segera ditentukan  bentuk jalinan kerjasama apa  yang akan dibuat.  Pelaksanaan kegiatan bisa dalam bentuk join webinar, Team teaching untuk mata kuliah tertentu semisal ekonomi syariah, yang memang  dari Telkom University memiliki keterbatasan sumberdaya dosen untuk materi materi yang berkaitan dengan ekonomi syariah. Dr Ratri juga menyampaikan adanya kecendrungan arah penelitian syariah yang mulai dilirik oleh mahasiswa sebagai topik dalam penelitian, akan membuka peluang untuk melakukan team teaching dan kegiatan lain yang berdasarkan ekonomi syariah, dengan Fekonsos UIN Suska Riau.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Hj. Nunuy Nur Afiah, SE, MS., Ak, CA. Pada pertemuan yang dilaksanakan di Kampus Universitas Padjajaran Pati Ukur 45 (12/11), tepatnya Gedung Pertamina tersebut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Unpad, Prof. Dr. Hj. Nunuy Nur Afiah, SE, MS., Ak, CA, didampingi oleh Divisi Manajer Riset, Inovasi danKemitraan Dr. Arie Pratama , S.E., M.Ak. dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi Dr. Kurniawan Saefullah, S.E., MEc. Prof. Dr Nunuy menyampaikan sangat senang dan mengapresiasi kedatangan FEIS UIN Suska Riau. Disampaikan juga bahwa dengan dengan adanya kecendrungan kebijakan perguruan tinggi saat ini, dimana menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, adalah merupakan suatu keniscayaan. Berkaitan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). kerjasama antar perguruan tinggi menjadi harus lebih segera ditindaklanjuti. Kerjasama  yang bisa dilakukan FEBI Unpad dengan FEIS UIN Suska Riau antara lain adalah berkaitan dengan  ekonomi syariah. Untuk kegiatan Ekonomi Islam, FEBI Unpad  telah memilki halal center, yang didukung oleh Islamic Development Bank  (IDB). Sebagai Universitas Islam Negeri, bentuk kegiatan lain yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan melakukan sharing knowledge dengan webinar, joint riset, coaching clinic dan lain lain. Dr Mahyarni selaku Dekan FEIS UIN Suska Riau juga mengharapkan MOU yang sudah disepakati  oleh Unpad dan  UIN Suska,  secara teknis dan detil segera ditindak lanjuti antar Program studi dan jurusan dalam bentuk Perjanjian kerjasama yan lebih kongkrit.

Sementara itu pada kesempatan yang berbeda,  bertempat di Kampus Politeknik Bandung Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Fekonsos UIN Suska juga telah melakukan penandatanganan Nota kesefahaman  Memorandum of Agreement (MOA)  dengan Politeknik Bandung (POLBAN). Penjajakan kerjasama yang sebelumnya telah diinisiasi  oleh FEIS UIN Suska Riau dalam hal ini oleh Wakil Dekan 3 Dr Hj. Julina, SE, MM dengan Dr. Moh. Farid Najib, SE, MSi dari Politeknik Bandung (Polban).  Dalam kesempatan ini Dr. Moh Faris  Najib, SE, MM didampingi oleh Sri Raharso, S. Sos., M. Si ( Ketua Jurusan Adiministrasi Niaga) dan Dr. Iwan Setiawan , SE., M.E. (Ketua Jurusan Akuntansi ). Dr. Iwan Setiawan, menyampaikan bahwa Polban siap bekerjasama dengan FEIS UIN Suska Riau. Dr. Hj. Julina menyampaikan bahwa perjanjian kerjasama dengan Polban secara teknis nantinya akan diserahkan kepada program studi atau jurusan. Dengan semangat peningkatan akreditasi yang harus dipenuhi dengan standart 9, dalam jangka pendek bisa dilakukan dengan kegiatan webinar, dan kegiatan sejenis dan setelahnya diikuti dengan misal kegiatan Merdeka Belajar merdeka belajar (MBKM). Dr. Mahmuzar juga menyebutkan FEIS UIN Suska Riau perlu banyak belajar dari Polban sebagai salah satu Pendidikan Vokasi terbaik di Indonesia. Dengan menjalin kerjasama dengan Politeknik Bandung (POLBAN), FEIS UIN Suska Riau memiliki guide dalam rangka meningkatkan program studi Diploma Tiga (D3) menjadi pendidikan vokasi pada masa yang akan datang. Dr. Hariza Hasyim, SE, MSi selaku kaprodi D3 akuntansi juga menyampaikan bahwa perubahan program diploma (D3) menjadi pendidikan vokasi khususnya sarjana terapan (D4) menjadi PR besar, bagi FEIS UIN Suska Riau. Dengan keterbatasan yang dimiliki, diharapkan dengan adanya jalinan kerjasama dengan Polban, khusus untuk program diploma tiga (d3) Fekonsos UIN dalam mewujudkan program diploma yang handal dalam bentuk pendidikan vokasi pada masa yang akan datang.

Dalam kesempatan lain (12/11), bertempat di kampus UIN Sunan Gunung Djati  Jl. A.H. Nasution No.105, Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, FEIS UIN Suska Riau juga melakukan penandantanganan Nota kesefahaman, Memorandum of Agreement (MOA)  yang ditandatangani  Dekan FEBI UIN Sunan Gunung Djati Dr. H. Dudang Godjali, M.Ag, dan Dekan FEIS UIN Suska Riau, Dr. Hj. Mahyarni, SE, MM. kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MOU)  yang telah dijalin sebelumnya antara  UIN Suska Riau dengan UIN Sunan Gunung Djati. Editor: LH

 

About admin