WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL

 

Rencana pembelajaran semester (RPS) merupakan  dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut maka Fakultas Ekonomi dan Ilmu sosial (FEIS) mengadakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 03 Juni 2022 pukul 8.30 wib s/d selesai. Bertempat di ruang teater Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) menghadirkan dua orang narasumber yaitu ibu Dr. Riswani, M.Ed yang merupakan dosen senior pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan   dan ibu Dr. Putriana. SE.,MM yang merupakan dosen tetap pada FEIS. Workshop ini dipandu oleh Bapak Wakil Dekan I FEIS Dr. Kamaruddin, S.Sos.,M.Si selaku moderator. Adapun peserta workshop ini terdiri dari dosen tetap dan dosen luar biasa FEIS yang berjumlah kurang lebih 60 orang. Dan juga dihadiri oleh para pimpinan FEIS.

Dalam pemaparannya, narasumber menyatakan bahwa perlu perencanaan yang matang dalam setiap penyusunan RPS agar seluruh pembelajaran menjadi terstruktur dan jelas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditentukan oleh Prodi. Isi  RPS berkaitan dengan identitas mata kuliah, capaian pembelajaran mata kuliah, peta analisis capaian pembelajaran, pengalaman pembelajaran dan referensi, rincian aktivitas pembelajraran, sistem penilaian dan evaluasi dan penutup.

Review RPS juga penting dilakukan agar materi pembelajaran bisa sesuai dengan kondisi dan keadaan yang terjadi di lapangan saat ini. Untuk selanjutnya diharapkan adanya kegiatan penyusunan RPS berbasis MBKM yang lebih kepada praktek langsung dengan dosen dan Prodi sehingga dapat menghasilkan RPS yang ideal dan dapat diimplementasikan dalam memandu mahasiswa di setiap kegiatan perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.

About admin