Workshop Perubahan Nama FEIS menjadi FEBI

Untuk memenuhi tuntutan dari masyarakat, pemerintah maupun dunia industri, UIN Suska Riau terus melakukan pengembangan.  Salah satu bentuk pengembangan melalui pembentukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Pembentukkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang memiliki relevansi antara kondisi internal UIN Suska Riau dengan kebutuhan eksternal dalam masyarakat. Dengan adanya wacana untuk pengembangan fakultas tersebut, maka diadakan workshop tentang “Perubahan nama dari Fakultas Ekonomi  dan Ilmu Sosial menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis”.

Adapun tujuan kegiatan workshop “Perubahan Nama Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis” adalah 1). Untuk mendiskusikan nama fakultas yang terbentuk kelak, apakah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI, 2) Untuk mengetahui sistematika penulisan proposal terbaru yang sesuai dengan Kemenristekdikti dalam pendirian atau penggabungan  fakultas dalam perguruan tinggi, 3) Untuk mengetahui langkah – langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan dokumen ke kementerian Agama terkait pengembangan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4) Untuk Mengoreksi Proposal yang sudah di susun oleh Panitia Pembentukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Untuk mencapai tujuan dari penyelenggaraan workshop tersebut, maka dihadirkanlah dua narasumber yaitu: Bapak Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si, Ak., CA selaku dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prof. Dr. H Achmad Sani Supriyanto, M.Si, selaku guru besar pada Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari dosen dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan dosen dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah UIN Suska Riau.

Workshop diadakan pada hari Kamis, tanggl 28 Juli 2022 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB s.d 15.00 WIB. Seperti biasa, workshop diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), membaca Ayat Suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan do’a, laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh ibu Dr. Putriana., SE., MM dan sambutan sekaligus pembukaan oleh ibu Dr. Hj. Mahyarni., SE., MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.  Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua orang narasumber yaitu Bapak Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si, dan Prof. Dr. H Achmad Sani Supriyanto, M.Si,. Pemaparan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Berikut dokumentasi kegiatan workshop perubahan nama Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang diadakan pada hari Kamis, tanggal 28 Juli 2022 :

Master of Ceremony

    Laporan Ketua Panitia Kegiatan Workshop Perubahan Nama FEIS menjadi FEB

Sambutan dari Dekan FEIS UIN Suska Riau sekaligus membuka secara resmi kegiatan Workshop Perubahan Nama FEIS menjadi FEB

Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Ak., CA Dosen UIN Sunan Kalijaga

Pada pemaparan materi sesi pertama, Pak Dr. Misnen menyampaikan materi terkait Sistematika Penulisan Proposal Pembentukan Febi.

Materi yang disampaikan sangat menarik, sehingga sesi tanya jawab berlangsung dengan cukup ramai.

Prof. Dr. H. Achmad Sani Supriyanto, M.Si, Dosen FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pada pemaparan sesi kedua materi yang disampaikan oleh Prof Achmad, terkait prospek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Pada sesi ini terlihat antusias dari peserta dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta terkait.

Diskusi pada sesi 1 oleh salah satu peserta Bapak Dr. Mahendra Romus, SP.,M.Ec (Dekan FEIS Periode 2010-2018)

Diskusi pada sesi 2 oleh salah satu peserta Ibu Dr. Nurnasrina, SE., M.Si Dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Hukum dan Ilmu Syari’ah UIN Suska Riau

About admin