Dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA Riau Narasumber Sosialisasi Budaya Kerja ASN di Pemerintah Kota Padang Sidempuan Sumatera Utara

 

Pada era VUCA ini dinamika dan kompleksitas tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin dinamis dan kompleksitas. Untuk menyediakan dan memberikan pelayanan tersebut, pemerintah harus didukung oleh ASN yang berkinerja tinggi. Konsekwuensinya, ASN  harus segera berbenah, memperbaiki diri, memperkuat nilai nilai dasar dan meningkat kompetensi dalam pelayanan. Nilai dasar ASN menjadi landasan dari sikap dan prilaku ASN, sementara kompetensi merupakan prilaku kunci untuk sukses dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam melayani masyarakat.

Alhamdulillah, bertempat di hotel di Hotel Mega Kota Padang Sidempuan Sumatera Utara, pemerintah Kota Padang Sidempuan telah melakukan kegiatan Sosialisai Budaya Kerja ASN. Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat dan ASN perwakilan masing masing  OPD Pemerintah Kota Padang Sidempuan. Kkegiatan dibuka langsung Wakil Walikota Padang Sidempuan Arwin Siregar dan bertindak selaku moderator adalah Asisten III Administrasi Umum Hamdan Sukri Siregar. Narasumber kegiatan ini adalah Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Dr Kamaruddin, S,Sos,. M.Si.

Dalam paparannya yang disimak secara seksama oleh peserta, Dr Kamaruddin menyampaikan bahwa, bagaimanapun tekanan dan hambatannya, ASN harus berazzam merubah mindset nya, ASN harus bangga dapat melayani bangsa. ASN juga harus segera menanamkan nilai nilai baru  (Core Values) ASN yang disingkat berakhlak dan memedomani panduan prilakunya.  Nilai dasar tersebut adalah berorientasi layanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptf dan kolaboratif. ASN harus menggigit nilai dasar tersebut dengan gigi gerahamnya, seperti para pejuang yang menerjang ke medan pertempuran tanpa takut akan kematian.  ASN dengan nilai dasar tersebut menjadi syarat pokok terwujudnya pelayanan masyarakat sesuai yang diharapkan.

Setelah paparan narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi serta dialog yang hangat. Sesi diskusi awalnya satu sesi, tapi kemudian harus dibuka sesi kedua. Para peserta silih berganti mengajukan pertanyaan dan pernyataan. Pertanyaan peserta diantaranya terkait dengan bagaimana pengamalan nilai dasar ASN di praktek kerja, reformasi birokrasi, spoils system dan merit system dalam pengelolaan ASN, serta netralitas birokrasi.  Berbagai pertanyaan dibahas secara komprehensif oleh narasumber  yang memang sudah sejak lama memilih peminatan dibidang kajian kebijakan reformasi birokrasi.

 

 

 

About admin