WORKSHOP PENGISIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK OBJEK PAJAK KARYAWAN DAN OBJEK PAJAK UMKM SERTA INTEGRASI NIK MENJADI NPWP

Sudah menjadi satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap wajib pajak untuk mengisi SPT tahunan. Melakukan laporan SPT tahunan pajak penghasilan (PPh) merupakan wujud tanggung jawab untuk melaporkan perhitungan jumlah pajak penghasilan setiap warga negara termasuk juga Wajib pajak UMKM. Menyadari hal itu Himaprodi D3 Akuntansi bekerja sama dengan Tax Center UIN Suska Riau melakukan kegiatan Workshop perpajakan dengan Tema “Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Objek Pajak karyawan dan Objek pajak UMKM serta Integrasi NIK menjadi NPWP”.

Workshop ini dilakukan pada hari Kamis, tanggal 17 November 2022 bertempat di Gedung  teater A Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Acara dimulai pukul 08.00-12.00 wib dengan menghadirkan tim penyuluh dari KPP Madya Pekanbaru yaitu ibuk Sri Anita dan Bapak Azwar Hidayat sebagai narasumber.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Prodi D3 Akuntansi DR. Hariza Hasim, SE.,MM ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang merupakan mahasiswa FEIS UIn Suska Riau. Turut hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Seksi pelayanan KPP Madya Pekanbaru ibu Sri Hernowati, Sekretaris prodi D3 Akuntansi ibu Febri Rahmi, SE.,M.Sc, Ak, ketua Tax Center UIN Suska Riau ibu Sahwitri Triandani, SE.,M.Si dan beberapa orang staf dari KPP Madya Pekanbaru.

Dalam paparannya narasumber menyampaikan pentingnya melakukan pelaporan SPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terhindar dari sanksi. Melaporkan SPT tahunan diatur dalam UU yaitu pasal 3 ayat 1 Undang-Undang ketentuan Umum dan Tata cara perpajakan (UU KUP). Wajib pajak yang tidak melaporkan akan dikenanka denda ata sanksi sebagaimana yang telah diatur berdasarkan ketentuan UU no. 28 tahun 2007.

Dalam  kegiatan itu pihak KPP madya juga memberikan penjelasan tentang integrasi NIK menjadi NPWP yang tertera dalam PMK No. 112/PMK.03/2022 dan mulai berlaku sejak tanggal 14 Juli 2022. Penggabungan ini bertujuan untuk integrasi satu data nasional dan memudahkan wajib pajak dalam mendapatkan layanan.

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang diikuti dengan penuh antusias oleh mahasiswa. Tak lupa KPP madya Pekanbaru memberikan souvenir menarik bagi mahasiswa yang aktif dalam bertanya dan aktif dalam me repost kegiatan ini di media sosial.

About admin