KAJIAN MANAJEMEN DAN BISNIS (KMB) FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU TAJA WEBINAR “BELANJA OFFLINE ATAU ONLINE: FENOMENA PERUBAHAN PERILAKU DALAM BERBELANJA DI ERA SOCIETY 5.0”

Manusia memiliki banyak kebutuhan dalam hidupnya. Kebutuhan ini akan menjad motif apabila kebutuhan tersebut sudah mencapai intensitas yang cukup kuat untuk menggerakkan seseorang dalam bertindak pada saat tertentu. Salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan adalah dengan berbelanja. Ada dua jenis motivasi berbelanja yaitu utilitarian shopping motives dan hedonic motives. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat di dunia dan Indonesia telah banyak sekali melakukan pembelian secara online. Jumlah transaksinya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat dan jenis barang yang masyarakat beli juga semakin beraneka ragam.

Fenomena inilah yang mendorong pusat studi  Kajian Manajemen dan Bisnis (KMB) FEIS UIN Suska Riau melakukan Webinar dengan tema “Belanja Offline atau Online: Fenomena Perubahan Perilaku Dalam Berbelanja di Era Society 5.0” yang dilakukan pada hari Kamis, tanggal 22 Desember 2022yang dilakukan melalui zoom.

Webinar KMB yang diketuai oleh Yessi Nesneri, SE.,MM ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi diskusi serta tanya jawab peserta yang dijawab langsung oleh narasumber Bapak Riki Hanri Malau, SE.,MM yang merupakan dosen sekaligus pakar Pemasaran pada FEIS UIN Suska Riau, dan moderator oleh Ilham Chanra Putra, SE.,MM yang juga merupakan Dosen FEIS UIN Suska Riau. Adapun pesertanya terdiri dari 163 orang mahasiswa serta turut juga berpartisipasi Dosen FEIS UIN Suska Riau dan masyarakat umum. Dalam pemaparannya narasumber menyatakan bahwa beberapa tahun terakhir minat masyarakat untuk berbelanja online sangat meningkat. Konsumen lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online dibandingkan mengunjungi offline store dikarenakan beberapa alasan antara lain lebih cepat dan efisien, banyak promo dan diskon, harga yang bersaing, murah dan fleksibiltas waktu berbelanja.

Dalam sambutannya tak lupa ketua KMB menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia, narasumber, dan pihak-pihak  yang terlibat sehingga Webinar dapat berjalan dengan lancar. Diharapkan kegiatan Webinar maupun forum diskusi lainnya dapat dilakukan dengan tema yang berbeda, up to date dan menghadirkan isu-isu menarik terkait dengan Ekonomi secara umum dan Ilmu manajemen secara khusus.

About admin