Hadiri Temu AFEBIS di Samarinda, Dekan FEIS inginkan Jurnal FEIS berperingkat Sinta 2

Fakultas Ekonomi dan ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya dan peningkatan akreditasi prodi dengan kegiatan dan kerjasama yang berfokus pada pengelolaan dan pengembangan jurnal ilmiah. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, FEIS UIN Suska Riau mengutus dosen dalam kegiatan Workshop penguatan jurnal FEBI di Samarinda. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 hingga 28 Mei 2023, dan dilaksanakan di Hotel Senyiur Samarinda.

Workshop penguatan pengelolaan jurnal ini menjadi ajang pertemuan para utusan (Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) dari seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta lebih dari 32 FEBIS Se-Indonesia. Mereka berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dan pengelolaan jurnal. Disela-sela kegiatan juga diselenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Penguatan Industri Ekonomi Syariah Menyambut Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nasional” sebagai salah satu bentuk dukungan AFEBIS terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan menghadirkan Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM, Akt, C.A Selaku Ketua Umum AFEBIS.  Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi pengembangan institusi dan peningkatan reputasi jurnal-jurnal ilmiah. Prof. Tulus menekankan pentingnya AFEBIS memiliki jurnal sendiri. “Diharapkan semua AFEBIS dapat bersinergi dalam mencapai jurnal bereputasi internasional,” sahutnya.

Dalam workshop pengelolaan jurnal imi, AFEBIS menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli di bidangnya. Pemateri pertama adalah Managing Editor jurnal uqtasid, Agung Guritno. Kuat Ismanto, Editor in Chief Jurnal IJIBEC UIN Pekalongan. Nasrul Fahmi Zaki, selaku Editor in Chief Jurnal Economica UIN Walisongo Semarang. Selanjutnya M. Arif, Managing Editor Jurnal Syirkah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kehadiran FEIS dalam workshop dan seminar nasional diikuti dengan menjajaki Memorandum of Agreement (MOA) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan beberapa utusan yang hadir. Dalam maju dan berkembang terutama memperoleh akreditasi unggul membutuhkan peran dan dukungan banyak pihak terutama dalam pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi (pengelolaan jurnal) menuju Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. “Kedepan kita berharap labih banyak dosen luar yang menjadi pengelola maupun penulis di jurnal ilmiah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial” tutur Dekan. “Untuk itu kegitan langka semacam ini harus kita manfaatkan sebaik mungikin,” Lanjutnya.

Kegiatan ditutup sercara resmi pada sabtu, 27 Mei 2023 diikuti dengan peluncuran Website dan Jurnal AFEBIS oleh Ketua umum AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A. “Kami mengundang semua peserta anggota AFEBIS dan mitra kerja untuk mengunjungi website AFEBIS,” tuturnya. Tulus menjelaskan, Melalui alamat https://afebis.org/ dapat diakses berbagai informasi kegiatan, program, dan prestasi dari seluruh fakultas yang tergabung dalam asosiasi.

About admin