FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU MENGADAKAN WORKSHOP LITERASI PASAR MODAL SYARIAH

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan “Workshop Literasi Pasar Modal Syariah” yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 23 Mei 2023, kegiatan ini di ikuti oleh 55 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Workshop literasi pasar modal syariah dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, berdasarkan hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022 indeks literasi keuangan syariah hanya sebesar 9,14% jauh tertinggal dibandingkan dengan indeks literasi keuangan nasional yang sudah mencapai 49,68% (OJK (SNLIK: 2022). Selain itu jika di lihat dari pengetahuan masyarakat mengenai jasa keuangan, pasar modal berada pada persentase pengetahuan paling minim yakni hanya sebesar 13, 97% , Sektor Perbankan 99,07%,  Perasuransian 58,74%, Dana Pensiun 24,71%, Lembaga Pembiayaan 43,07%, Pegadaian 56,67% dan Lembaga Keuangan Mikro 14,52%. (OJK (SNLKI) 2021-2025).

Workshop literasi pasar modal syariah ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa  tentang investasi serta produk – produk investasi pada Pasar Modal Syariah yang dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait literasi pasar modal syariah. Sebagaimana kita ketahui, mahasiswa adalah aset bangsa dan saat ini juga termasuk salah satu kelompok prioritas literasi.

Kegiatan literasi pasar modal syariah ini menghadirkan pemateri yang profesional dalam bidang pasar modal, yaitu Bapak Emon Sulaeman selaku Kepala Kantor Perwakilan – Riau Divisi Pemasaran Bursa Efek Indonesia (Pemateri I). Dan dilanjutkan oleh Bapak Bagas Tri Saputra, SE Selaku Broker / Sales Equity PT BNI Sekuritas Pekanbaru.

Kegiatan  dilaksanakan dengan 2 Sesi yang di mulai pada pukul 08.00 s/d 16.00 Wib,  di buka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA Riau yakni Ibu Dr. Hj. Mahyarni, SE,. MM . dalam sambutannya dekan menyampaikan harapannya dari kegiatan ini yaitu dapat meningkatkan literasi keuangan syariah, khususnya pasar modal syariah. Kegiatan ini berjalan lancar dan sukses berkat kerjasama panitia yang diketuai oleh ibu Fitri Hidayati yang juga merupakan Kepala Lab. Galeri Investasi dan Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial.

Berikut dokumentasi kegiatan workshop literasi pasar modal syariah  pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2023 :

 

About admin