KUNJUNGAN FEIS UIN SUSKA BERSAMA KELURAHAN TUAH MADANI KE UMKM DI LINGKUNGAN KELURAHAN TUAH MADANI PEKANBARU

Dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, FEIS UIN Suska bekerjasama dengan Kelurahan Tuah Madani pada Hari Jumat 21  Juli 2023, telah melaksanakan kunjungan kepada beberapa kelompok UMKM yang berada di wilayah Keluarahan Tuah Madani. UMKM yang dikunjungi tersebut adalah Gerai HQQ yang menyediakan berbagai macam kue basah dan gorengan, Rumah industri kreatif, dan petani nenas. Dalam kesempatan itu Dekan UIN Suska Dr. Hj. Mahyarni, SE, MM bersama Lurah Tuah Madani Bapak Edi Wardila, Spd, MM menyampaikan bahwa geliat UMKM saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan, setelah dua tahun pandemi, saat ini sudah bangkit, dengan banyaknya dijumpai dibeberapa tempat usaha yang dikelola oleh rumah tangga.

Perguruan Tinggi memiliki peran dalam mendampingi UMKM tersebut sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini disampaikan Dekan FEIS Uin Suska Dr Mahyarni, SE, MM yang didampingi WD 3 dan Kaprodi di lingkungan FEIS. Beliau juga menyampaikan, bahwa dengan adanya sinergisitas dengan kelurahan Tuah madani dan UMKM, diharapkan masa yang akan datang UMKM menjadi lebih maju. Disebutkan juga oleh Ibu Dr Mahyarni SE, MM, FEIS selama ini telah berperan aktif dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagi UMKM  diantaranya dalam bentuk pelatihan pemasaran produk UMKM, pelatihan akuntansi keuangan sederhana bagi UMKM, dll.

Ibu Nuraziza, sebagai pelaku usaha UMKM yang menyediakan berbagai kue basah menyampaikan sangat terbantu sekali dengan adanya kerjasama UMKM dengan FEIS UIN Suska dan Kelurahan Tuah Madani, di harapkan ke depan akan ada pelatihan yang akan meningkatkan kemampuan mereka dalam memasarkan produk produk mereka ke masyarakat khalayak Ramai. Sebagai promosi Ibu Nuraziza menyebutkan bahwa kue kue yang mereka jual berbeda dengan kue kue yang  dijual orang kebanyakan karena mereka juga mengutamakan kualitas dalam pembuatan kue basah tersebut. Misal dalam pemilihan bahan baku kue. Kunjungan juga dilakukan ke tempat rumah industri kretaif, Hidayah.  UMKM ini menyediakan berbagai macam produk cairan pembersih untuk piring, dan lantai. Mereka juga menyediakan piring anyaman  dari lidi sawit. Ibu Astuti Meflinda, SE, MM selaku Prodi S1 manajemen yang turut mendampingi Dekan FEIS UIN Suska menyebutkan   akan mengagendakan pelatihan UMKM berkaitan dengan pemasaran dan layo out  produk. Karena salah  satu kendala UMKM adalah dari sisi strategi pemasaran dan branding image yang masih kurang.  Selain produk yang bagus ,  dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk memasarkan produk yang sudah dihasilkan. Tempat terakhir yang dikunjungi adalah petani nenas. Petani nenas menerapkan strategi musim tanam dan musim panen . Penanaman nenas dilakukan tidak secara serentak, tetapi diberi jarak dan waktu yang diatur sedemikian rupa, sehingga panen dilakukan secara berkesinambungan. Produk turunan dari nenas juga sudah dilakukan oleh beberapa UMKM dalam bentuk kerupuk nenas, minuman, dll. (Rz )

About admin