Wujudkan Rencana Strategis yang Unggul, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) selenggarakan Diskusi Bersama Pakar dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rencana strategis (Renstra) adalah dokumen yang berisi rencana organisasi yang menggambarkan hasil yang ingin dicapai dan rencana strategi sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Dalam acara ini, FEIS menggandeng pakar dari UIN Syahid Jakarta yaitu Prof. Dr. Amilin, SE. Ak., M.Si., CA., QIA., BKP., CRMP. Beliau merupakan salah satu asesor pada Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Acara diskusi digelar pada tanggal 7 Agustus 2023 melalui zoom meeting yang dimulai dari pukul 10.00-12.00 WIB yang dibuka oleh Dekan FEIS Ibu Dr. Hj. Mahyarni, SE. MM.. Acara diskusi ini merupakan tindak lanjut dari review renstra yang telah disampakan sebelumnya dan kemudian dibahas internal Tim Renstra FEIS. Renstra yang unggul setidaknya memiliki 12 dimensi yang berasal dari 4 kriteria. Kriteria pertama yaitu visi, misi, tujuan dan strategi. Kriteria kedua berkaitan dengan tata pamong, tata kelola dan kerjasama. Dimensi yang paling banyak berasal dari kriteria ketiga yaitu mahasiswa. Beberapa dimensi pada kriteria ini adalah kebijakan dan prosedur penerimaan mahasiswa, layanan akademik mahasiswa, kinerja akademik mahasiswa, kesejahteraan mahasiswa, dan pengembangan karir mahasiswa. Kriteria keempat adalah sumber daya manusia dengan dimensi pengelolaan dosen dan pengembangan tenaga kependidikan (tendik).

Namun demikian menurut Prof. Amilin Renstra akan semakin bagus jika tidak hanya dimensi wajib yang dituangkan dalam Renstra. Jika mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) ada 15 dimensi yang tertuang didalam Renstra. Ke 15 dimensi tersebut adalah tata kelola, kerjasama, kecukupan dan kualifikasi dosen, kecukupan dan kualifikasi tendik, keuangan, sarana prasarana, kurikulum, jaminan pembelajaran, pelaksanaan dan pendanaan, diseminasi dan kontribusi hasil, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat.

Pertemuan melalui zoom meeting menjadi wahana bagi tim Renstra FEIS untuk memperdalam pemahaman terkait teknis penyusunan Rentra. Diskusi diawali dari tim yang membahas visi misi dan dilanjutkan dengan tim yang membahas bagian selanjutnya dari Renstra. Diskusi ini sangat bermafaat dan menambah pemahaman para anggota tim Renstra. Diharapkan dengan adanya diskusi ini tim Renstra FEIS UIN Suska Riau semakin dapat menyusun Renstra yang unggul.

About admin