PRAKTISI MENGAJAR KERJASAMA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL, TAX CENTER UIN SUSKA RIAU DENGAN KPP MADYA PEKANBARU 2023 “SADAR PAJAK, BUKTI PEDULI PADA NEGERI”

Praktisi mengajar merupakan program yang awalnya diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan Perguruan Tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja perogram ini mendorong kolaborasi aktif  antara praktisi ahli dengan dosen agar tercipta pertukaran ilmu (sharing knowledge) dan keahlian yang mendalam dan bermakna agar sivitas akademika di Perguruan Tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas secara langsung (offline). Kerjasama yang terjalin baik antara Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau dengan pihak Pemerintah, swasta, maupun LSM menjadi jembatan untuk terwujudnya kegiatan Praktisi mengajar ini, salah satunya dengan KPP Madya Pekanbaru. Dalam hal ini KPP Madya Pekanbaru menyambut baik kegiatan ini  dan bersedia untuk menghadirkan narasumber yang kompeten untuk memberikan materi kuliah bagi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga pengetahuan bagi mahasiswa/i Fakultas Ekonomi khususnya UIN  Suska Riau pada umumnya yang tidak mereka dapatkan di dalam materi perkuliahan. Selain itu, tujuan dari program Praktisi Mengajar ini juga untuk meningkatkan rasa keterlibatan seluruh civitas akademika yang ada di Fakultas Ekonomi guna membangun kolaborasi dan kerjasama yang aktif didalamnya.

Kegiatan Praktisi mengajar kerjasama Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau, tax Center UIN Suska Riau dengan KPP Madya Pekanbaru ini dilaksanakan pada Hari rabu, Tanggal 4 Oktober 2023 bertempat di ruang Kuliah A 4 gedung Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Kuliah dengan bobot 3 sks ini dimulai pada pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 10.30 wib. Menghadirkan dua orang praktisi yang berasal dari KPP Madya Pekanbaru yaitu bapak Firdaus selaku penyuluh pajak ahli madya dan Bapak Muhammad Arif selaku pelaksana. Materi yang disampaikan adalah materi dengan tema “ Sadar pajak, Bukti peduli pada Negeri” disampaikan dengan menarik dan interaktif. Kedua praktisi hadir tepat waktu setelah sebelumnya disambut oleh Dekan FEIS ibu DR. Hj. Mahyarni, SE.,MM dan Ketua  Tax Center UIN Suska Riau Sahwitri Triandani, SE.,M.Si.

Dekan FEIS UIN Suska Riau sangat menyambut baik kegiatan ini karena kegiatan ini banyak memberikan manfaat, baik bagi mahasiswa, bagi Fakultas dan juga bagi pihak KPP Madya Pekanbaru, selain itu hal ini juga merupakan bentuk kerjasama yang berkesinambungan antara Fakultas dengan KPP Madya Pekanbaru yang selama ini sudah terjalin baik. Di akhir perkuliahan praktisi memberi pertanyaan kepada mahasiswa dan bagi mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan diberi hadiah menarik yang sudah disiapkan sebelumnya oleh Pihak KPP Madya Pekanbaru. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini lebih banyak dosen yang berpartisipasi aktif dan bersedia meluangkan beberapa sesi atau pertemuan tatap mukanya untuk diisi dengan kegiatan  praktisi mengajar. Kemudian peran serta aktif mahasiswa sangat diharapkan agar tercipta suasana yang kondusif, komunikatif sehingga  ilmu  yang disampaikan dapat terserap dengan baik. Saran terkahir diharapkan adanya sosialisasi dan komunikasi yang lebih baik dan terarah kepada pihak-pihak baik dari industri maupun instansi Pemerintah yang sudah memiliki MOU dan MOA dengan pihak Fakultas agar bersedia menjadi narasumber pada kegiatan praktisi mengajar di tahun-tahun berikutnya.

About admin