Assesment Lapangan (AL) Program Studi D3 Akuntansi UIN Suska Riau

Dalam rangka pelaksanaan akreditasi Program Studi D-III Akuntansi  Fakultas Ekonomi dan Ilmu sosial Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau pada tanggal 20 – 22 maret 2023, bertepatan dengan 9-11 Ramadhan 1445 H, Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA)  melaksanakan Asesment Lapangan (AL)

Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dalam kegiatan Assesment Lapangan (AL) ini menugaskan 2 (dua) asesor yaitu:  asesor 1  adalah Bapak Dr. Arie Pratama, SE, M.Ak. dan  Asesor  2 yaitu  Bapak Aloysius Harry Mukti, M.S.Ak, Ph.D.

Kegiatan Asesment lapangan diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, didampingi Wakil Rektor II Prof Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D,M.Ag.  Selama kegiatan AL berlangsung Dekan  Fakultas Ekonomi dan Ilmu sosial  Ibu yaitu Dr. Mahyarni, SE, MM  didampingi oleh Wakil Dekan I Dr. Kamaruddin, S.Sos, M.Si, Wakil Dekan II Dr. Mahmuzar, SH, M.Hum, dan Wakil Dekan III Dr. Julina, SE, M.Si dan Ketua Prodi D-III Akuntansi  Dr. Hariza Hasyim, SE, M.Si  dan Sekretaris Prodi D3 akuntansi Febri Rahmi, SE, MSc, AK, CA. .

Kegiatan di hari pertama,  dilanjutkan dengan mengkonfirmasi berkas yang sudah di upload sebelumnya di laman Lamemba. Mencocokkan dan mengkonfirmasi data-data dengan bukti fisik dan data dukung lainnya. Kegiatan ini juga disertai  wawancara dengan pimpinan fakultas dan prodi, tim penjamin mutu, stake holder,  alumni program studi D-III Akuntansi,  Mahasiswa, Dosen, dan tenaga kependidikan. Kegiatan AL juga melakukan peninjauan  fasilitas pembelajaran, seperti lab. komputer, kelas mahasiswa, tax center, perpustakaan dan beberapa fasilitas lainnya yang merupakan pelayanan terpadu bagi mahasiswa dan prasarana lainnya. Proses reakreditasi berlangsung dengan melibatkan TIM penuh dari  Dokumen Evaluasi Diri (DED) dengan penanggung jawab Dekan dan  Wakil Dekan 1, dari Unit pengelola Program Studi  (UPPS) dengan penanggungjawab ketua Prodi D3 Akuntansi.  Seluruh civitas akademika memberikan kontribusi sangat besar, dalam proses akreditasi Prodi D3 akuntansi.   hal ini terihat  dari semangat dan aktifnya seluruh  TIM yang terlibat  baik dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS),  TIM Dokumen Evaluasi Diri ( DED ), dan mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ekonomi UIN Suska Ibu Dr. Mahyarni, SE, MM menyampaikan bahwa akreditasi sekarang sedikit berbeda dengan akreditasi sebelumnya. Sebelumnya akreditasi Prodi dibawah Badan Akredtasi Nasonal Perguruan Tinggi (BAN PT), penilaian lebih banyak bersifat kuantitatif, sedangkan LAMEMBA, menitikberatkan kepada penilaian yang bersifat kualitatif. Disebutkan  juga terdapat perbedaan akreditasi A dengan unggul. Setiap prediket unggul pastilah A tetapi akredtasi A belum tentu unggul. Karena yang menjadi poin penting  untuk unggul diantaranya adalah terlaksananya kegiatan yang berskala internasional, baik itu kegiatan melibatkan prestasi  mahasiswa, publikasi jurnal dosen maupun kerjasama program studi dan fakultas dengan luar negri. Selain itu,  Dekan Dr Mahyarni, SE, MM, juga menambahkan bahwa  Prodi D3 Akuntansi adalah Prodi yang akreditasi sebelumnya adalah A, maka dengan melihat kinerja dari Prodi dan Fakultas, dan kolaborasi yang  sangat baik dengan pihak internal maupun external, besar harapan  nilai akreditasi dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Rangkaian kegiatan Asesment Lapangan dihari kedua, ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dengan Dr. Arie Pratama, SE, M.Ak. dan Aloysius Harry Mukti, M.S.Ak, Ph.D. sebagai Asessor dari LAMEMBA. Selanjutnya dilakukan sesi foto Bersama dengan seluruh jajaran Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. (#rz).

About admin